LAPORAN
PRAKTIKUM EVALUASI
SENSORI
UJI
RANGKING
Oleh
:
M AZHARI
J1A115091
JURUSAN
TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
FAKULTAS
TEKNOLOGI PERTANIAN
UNIVERSITAS
JAMBI
2017
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latarbelakang
Pada bidang industri
perbaikan suatau produk merupakan salah satu alternatif penunjang dalam
pemasaran, keinginan konsumen selalu menghendaki produk dengan mutu yang
terbaik harus dapat dipenuhi bila perusahaan tersebut ingin menjaring ke atas
penjualan produk yang dihasilkan.
Pada uji rangking ini
digunakan untuk mengukur pengaruh proses baru terhadap mutu produk yaitu untuk
mengetahui suatu produk baru harus sama atau lebih dari produk yang lama.
Selain itu digunakan juga dalam menentukan contoh terbaik dilalakukan beberapa
pengujian pembedaan dan pengujian pemilihan.
Pada pengujian ini
panelis mengemukakan tanggapan pribadi
yaitu kesan yang berhubungan dengan kesukaan dan tanggapan senang
terhadap sifat sensorik atau kualitas yang dinilai misalnya kesan kerenyahan
atau kelembekan pada bahan yang diujikan pada biskuit. Tanggapan harus
diberikan segera dan secara spontan, bahkan tanggapan nyang sudah diberikan
tidak boleh ditarik kembali meskipun timbul keragu-raguan pada pengujian yang
dilakukan.
1.2 Tujuan
Pada praktikum ini
bertujuan untuk mengurutkan nilai suatu produk dan memilih sampel yang terbaik.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Uji Skala
Uji skala merupakan uji dimana panelis
menyatakan berasan kesan yang diperolehnya. Besaran tersebut dinyatakan dalam
bentuk besaran skala atau dalam bentuk numerik ( Susuwi, 2009).
Menurut Yulia, A
(2016) pengujuian skala dibagi menjadi tiga, yaitu:
1.
Uji
skala garis
2.
Uji
skor (pemberian skor atau skoring)
3.
Uji
penjenjangan (uji pengurutan atau rangking)
2.2 Uji penjenjangan (uji pengurutan atau
rangking)
Uji
rangking adalah suatu proses pengurutan dua sampel atau lebih berdasarkan
intensitas dan atribut yang dirancang menurut tingkat kesukaan suatu produk
dalam memilih yang terbaik atau yang terjelek, dengan menambah atau mengurangi
jumlah atribut, kualitas secara keseluruhan atau respon pada saat yang sama
(Nuraini, dkk, 2013).
Uji
rangking bisa digunakan untuk mengukur proses baru terhadap mutu produk yaitu
untuk mengetahui apakah produk baru sama atau lebih baik dari produk lama.
Dengan mengunakan uji rangking ini maka mutu suatu produk dapat diketahui dan
diurutkan sehingga untuk selanjutnya jenis atau tingkat mutu untuk produk
inilah yang menjadi patokan dalam proses pembuatan suatu produk (Rahayu, W. P.,
2001).
Metode
pengujian rangking memiliki beberapa persamaan dengan uji skoring yaitu pada
kedua metode ini sama-sama memberikan penilaian berupa angka terhadap sampel
yang diujikan, uji rangking ini pada umumnya dilakukan untuk mengurutkan
sejumlah komoditas atau sejumlah produk yang berbeda intensitas sifatnya, dan
untuk memperbaiki mutu suatu produk tersebut. Sampel yang diujikan menurut
intensitas mutu sensorik dan diberi nomor urut dari intensitas mutu sensorik
(Kartika, 1999).
Fungsi
dari uji rangking yaitu untuk menentukan urutan sejumlah komoditas produk
menurut perbedaan intiesitasnya, misalnya pada tingkat kemanisan atau
kerenyaahan dan kesukaan pemberian nomor urut biasanya dimulai dari nomor satu
yang menyatakan nilai atau peringkat tertinggi diikuti peringkat kedua yang
mutu nya lebih rendah dan seterusnya (Sarastani, 2000).
Pada
uji rangking ini panelis memiliki kemudahan dalam memahami intuksi dan
merespon. Uji rangking ini memiliki kelemahan
yaitu terbatasnya jumlah contoh yang dapat diujikan membuat peringkat
sampai 6 sampel masih mudah bagi panelis tetapi jika lebih dari 6 maka panelis
mengalami kesulitan (Nuraini Mawansih, 2006).
Keuntungan
dari uji rangking ini adalah cepat, dpat digunakan untuk bermacam-macam contoh
baku atau tidak atau tidak, sedangkan kelemahannya adalah mengabaikan jumlah
atau tingkat perbedaan. Contoh, nilai satu set data tidak dapat dibangdingkan
langsung dengan nilai yang sama pada set data yang lain, dan apabila terdapat
perbedaan yang kecil panelis merasa harus membedakan contoh dianggap identik,
sehingga menyebabkan inkonsistensi pada uji rangking yang dilakukan (Soekarto,
1985).
Dalam
uji ini panelis diminta untuk membuat ukuran contoh-contoh yang diuji menurut
perbedaan tingkat mutu atau tingkat sensorik, jarak atau interval antara
jenjang atau rangking keatas dan kebawah tidak harus sama, misalnya jenjang
nomor satu dan nomor dua boleh berbeda dengan jenjang nomor dua dan nomor tiga.
Dalam uji perjenjangan atau rangking komoditi diurutkan dan diberi nomor urut,
urutan pertama menyatakan tingkat tertinggi, makin besar nomor pada peringkat
menunjukkan urutan paling bawah atau peringkat semakin rendah (Sarastani,
2012).
BAB
III
METODOLOGI
3.1
Waktu dan Tempat
Praktikum
uji ranking dilaksanakan pada - dengan langsung panelis
mencicipi sampel yang telah tersedia. Praktikum uji ranking ini dilakukan pada
pukul -
3.2 Bahan dan Alat
Bahan
yang digunakan dalam praktikum adalah roti dengan berbagai merk yaitu kode 467
(Biskuit Marrie Roma), kode 939 (Biskuit Marrie ATB), dan kode 213 (Biskuit
Marrie Kongguan) juga air mineral. Sedangkan alat yang digunakan adalah piring
kecil (3 buah), kuisioner dan alat tulis.
3.3
Prosedur Kerja
Pertama,
panelis mendapat instruksi umum dari penguji. Panelis mengisi kuisioner, lalu
mencicipi sampel (3 sampel) yang ada diatas meja. Setiap sampel yang dicicip harus minum air mineral
untuk menetralisirkan lidah agar kesan yang diberikan tidak bias. Kemudian,
panelis diminta menuliskan kesan terhadap 3 sampel yang ada dan berbeda,
panelis diminta mengurutkan ranking sampel dari tingkat 1 hingga tingkat 3 dari
data skalar garis dengan menulis kodenya pada kolom kuisioner yang tersedia.
BAB
IV
HASIL
DAN PEMBAHASAN
4.1
Hasil Pengamatan
Tabel
4.1.1 Hasil Data Uji Ranking
Panelis
|
Kode Sampel
|
Jumlah
|
||
939
|
467
|
213
|
||
1
|
2
|
3
|
1
|
6
|
2
|
3
|
2
|
1
|
6
|
3
|
3
|
2
|
1
|
6
|
4
|
3
|
2
|
1
|
6
|
5
|
1
|
3
|
2
|
6
|
6
|
2
|
1
|
3
|
6
|
7
|
2
|
3
|
1
|
6
|
8
|
1
|
2
|
3
|
6
|
9
|
3
|
1
|
2
|
6
|
10
|
3
|
2
|
1
|
6
|
11
|
3
|
2
|
1
|
6
|
12
|
1
|
3
|
2
|
6
|
13
|
3
|
2
|
1
|
6
|
14
|
1
|
3
|
2
|
6
|
15
|
1
|
2
|
3
|
6
|
16
|
1
|
2
|
3
|
6
|
17
|
1
|
2
|
3
|
6
|
18
|
1
|
2
|
3
|
6
|
19
|
1
|
3
|
2
|
6
|
20
|
2
|
3
|
1
|
6
|
21
|
3
|
2
|
1
|
6
|
22
|
2
|
1
|
3
|
6
|
23
|
1
|
2
|
3
|
6
|
24
|
1
|
2
|
3
|
6
|
25
|
1
|
2
|
3
|
6
|
26
|
2
|
3
|
1
|
6
|
27
|
1
|
3
|
2
|
6
|
28
|
2
|
1
|
3
|
6
|
29
|
2
|
1
|
3
|
6
|
30
|
1
|
3
|
2
|
6
|
31
|
1
|
3
|
2
|
6
|
32
|
2
|
3
|
1
|
6
|
33
|
2
|
3
|
1
|
6
|
34
|
1
|
3
|
2
|
6
|
35
|
3
|
2
|
1
|
6
|
36
|
1
|
2
|
3
|
6
|
37
|
3
|
2
|
1
|
6
|
38
|
3
|
2
|
1
|
6
|
Jumlah
|
70
|
85
|
73
|
228
|
Rata-rata
|
1,84
|
2,24
|
1,92
|
6
|
Tabel
4.1.2 Hasil Konversi Data Uji Ranking
Panelis
|
Kode Sampel
|
Jumlah
|
||
939
|
467
|
213
|
||
1
|
0
|
-0,85
|
0,85
|
0
|
2
|
-0,85
|
0
|
0,85
|
0
|
3
|
-0,85
|
0
|
0,85
|
0
|
4
|
-0,85
|
0
|
0,85
|
0
|
5
|
0,85
|
-0,85
|
0
|
0
|
6
|
0
|
0,85
|
-0,85
|
0
|
7
|
0
|
-0,85
|
0,85
|
0
|
8
|
0,85
|
0
|
-0,85
|
0
|
9
|
-0,85
|
0,85
|
0
|
0
|
10
|
-0,85
|
0
|
0,85
|
0
|
11
|
-0,85
|
0
|
0,85
|
0
|
12
|
0,85
|
-0,85
|
0
|
0
|
13
|
-0,85
|
0
|
0,85
|
0
|
14
|
0,85
|
-0,85
|
0
|
0
|
15
|
0,85
|
0
|
-0,85
|
0
|
16
|
0,85
|
0
|
-0,85
|
0
|
17
|
0,85
|
0
|
-0,85
|
0
|
18
|
0,85
|
0
|
-0,85
|
0
|
19
|
0,85
|
-0,85
|
0
|
0
|
20
|
0
|
-0,85
|
0,85
|
0
|
21
|
-0,85
|
0
|
0,85
|
0
|
22
|
0
|
0,85
|
-0,85
|
0
|
23
|
0,85
|
0
|
-0,85
|
0
|
24
|
0,85
|
0
|
-0,85
|
0
|
25
|
0,85
|
0
|
-0,85
|
0
|
26
|
0
|
-0,85
|
0,85
|
0
|
27
|
0,85
|
-0,85
|
0
|
0
|
28
|
0
|
0,85
|
-0,85
|
0
|
29
|
0
|
0,85
|
-0,85
|
0
|
30
|
0,85
|
-0,85
|
0
|
0
|
31
|
0,85
|
-0,85
|
0
|
0
|
32
|
0
|
-0,85
|
0,85
|
0
|
33
|
0
|
-0,85
|
0,85
|
0
|
34
|
0,85
|
-0,85
|
0
|
0
|
35
|
-0,85
|
0
|
0,85
|
0
|
36
|
0,85
|
0
|
-0,85
|
0
|
37
|
-0,85
|
0
|
0,85
|
0
|
38
|
-0,85
|
0
|
0,85
|
0
|
Jumlah
|
5,10
|
-7,65
|
2,55
|
0
|
Rata-rata
|
0,13
|
-0,20
|
0,07
|
0
|
·
Perhitungan
ANOVA dari Konversi Data Hasil Uji Ranking
Ø
db
contoh = jumlah contoh – 1
= 3 – 1
= 2
Ø
db
panelis = jumlah panelis – 1
= 38 – 1
= 37
Ø
db
total = (jumlah panelis x
jumlah contoh) – 1
=
(38 x 3) – 1
=
114 – 1
=
113
Ø
db
error = db total – (db panelis
+ db contoh)
=
113 - (37 + 2)
=
113 – 39
=
74
Ø
FK = 0
Ø
JK
Contoh =

=

=

=
2,39
Ø
JK
Panelis =

=

=
0
Ø
JK
Total = Total Jumlah Kuadrat – FK
=
54,91 – 0
=
54,91
Ø
JK
Error = JK Total – JK Contoh – JK
Panelis
=
54,91 – 2,39 – 0
=
52,52
Ø
KT
Contoh =

=

=
1,195
Ø
KT
Panelis =

=

=
0
Ø KT Error =

=

=
0,71
Ø F Hitung Contoh =

=

=
1,68
Ø F tabel 5% = 3,12
Tabel 4. 1. 3 Sidik Ragam
Variabel
|
Db
|
JK
|
KT
|
F hitung
|
F tabel 5%
|
Contoh
|
2
|
2,39
|
1,195
|
1,68tn
|
3,12
|
Panelis
|
37
|
0
|
0
|
||
Error
|
74
|
52,52
|
0,71
|
||
Total
|
114
|
54,9
|
|||
tn) tidak berpengaruh
nyata pada taraf 5%
|
4.2 Pembahasan
Pada praktikum uji
rangking ini bertujuan untuk menentukan urutan sejumlah komoditas atau produk
menurut perbedaan intensitasnya, dan panelis diminta untuk mengurutkan tingkat
keempukan dari biskuit Marie. Pemberian nomor urut biasanya di mulai dari nomor
satu yang menyataka nilai atau peringkat tertinggi dan diikuti peringkat kedua
yang mutunya lebih rendah dan seterusnya. Pengujian dilakukan dengan
mengurutkan tiga contoh sampel, yaitu biskuit Marie ATB (kode 939), biskuit
Marie Roma (467), dan biskuit Marie Khong Guan (kode 213). Dari hasil tabulasi
data dapat diketahui bahwa biskuit Marie ATB yang memiliki keempukan paling
tinggi, kemudian biskuit Marie Khong Guan, dan yang terakhir biskuit Marie
Roma.
Untuk
mengetahui berbeda nyata atau tidak, dilakukan Analisis Of Varian (Anova).
Sebelum dilkukan perhitungan ANOVA hasil ditabulasikan terlebih dahulu.
Kemudian setelah ditabulasikan dihitung dengan ANOVA, dari berbandingan F tabel
pada taraf 5 % diketahui F hitung 1,69
dan F tabel 3,12. Sehingga dapat disimpulkan bahwa F hitung lebih kecil dari F
tabel, jadi didapatkan pada ketiga sampel dinyatakan tidak berbeda nyata.
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Uji rangking ini dapat
disimpulkan bahwa pada uji ketiga sampel tidak memiliki perbedaan nyata, dimana
F hitung lebih kecil dari F tabel yaitu 1,69 < 3,12, dan biscuit Marie ATB memiliki
peringkat pertama kemudian biscuit Khong Guan dan biscuit Marie Roma setelah di
bandingkan dengan F tabel padataraf 5%.
DAFTAR
PUSTAKA
Kartika. 1999. Pedoman
Uji Inderawi Bahan Pangan. Universitas Pangandan Gizi : Yogyakarta
NurAini,
dkk. 2013. Penuntun Praktikum Analisis
Organoleptik Fateta : IPB Bogor
Nuraini
dan Mawansih. 2006. Uji Sensori Buku Ajar
Lampung. Universitas : Lampung
Rahayu.
2001. Penuntun Praktikum Penilaian
Organoleptik. Jurusan Teknologi Pangan Dan Gizi. Fakultas Teknologi
Pertanian. IPB : Bogor
Sarastani.
2012. Penuntun Praktikum Analisis
Organoleptik. Program Diploma. IPB : Bogor
Soekarto. 1985. Penilaian Organoleptik. Bhrata Karya
Aksara : Jakarta
Sangat bermanfaat sekali saya suka sekali dengan tulisan ini. Terima kasih
ReplyDeleteaidanm32